Mengenal Lebih Dekat Tasikmalaya

Mengenal Lebih Dekat Tasikmalaya

http://goresansay.blogspot.com/2015/01/mengenal-lebih-dekat-tasikmalaya.html
Apa kabar baraya say ? hari ini saya membawa kabar baik untuk kalian, saya ingin berbagi kabar tentang seputar Kota Tasikmalaya khususnya Kecamatan Mangkubumi. Penasaran apa yang ingin saya ceritakan, mari kita simak ceritanya sekarang juga, cekidot !!!!

Hari ini ada satu tempat yang mencuri perhatian saya. Lokasinya terletak di Kota Tasikmalaya Kecamatan Mangkubumi. Di lokasi inilah terdapat sebuah Tugu yang sangat bersejarah didirikan era tahun 1990-an, dan nama tugu tersebut adalah Tugu KHZ. Mustofa. Tapi sayang fasilitas estetika air mancur, dan lampu penghias dibagian tugu KHZ. Mustofa, betulan Linggajaya, Kec. Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, kini sudah sejak lama tak berfungsi. Kondisi itu menyertai kusamnya tugu, dengan rerumputan disekitarnya yang kadang menjulang. Sehingga keindahan dan kemegahan tugupun ketika malam tiba tidak bisa dinikmati masyarakat banyak. :( 

Nah, asal kalian tahu nama KHZ. Mustofa sendiri sampai sekarang selain terabadikan dalam sebuah tugu, namanya pun terpampang sepanjang jalan 5 kilometer membentang dari arah utara mulai Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista) depan Masjid Agung Tasikmalaya berakhir di Perempatan Padayungan - Jalan Siliwangi arah selatan. Sepanjang jalan KHZ Mustofa saat ini sudah identik dengan pusat perbelanjaan. Mulai supermarket, plaza hingga perbankan berdiri di jalur protokoler ini. Terus  jika kalian kebetulan melintas di jalan ini maka suasana akan terlihat ramai sekali.

Selain itu nama Tugu KHZ. Mustofa diambil dari nama Pahlawan Nasional bernama KH Zaenal Mustofa. Ia terkenal sebagai seorang pahlawan yang sangat tegas dan berani memberontak terhadap penjajahan Belanda dan Jepang hingga pertempuran berdarah antara murid-murid KHZ. Mustofa dengan tentara Jepang berkobar, puncaknya tanggal 25 Pebruari 1944. Pertempuran ini terkenal dengan sebutan Pertempuran Singaparna, karena waktu itu, Ponpes Sukamanah termasuk ke Kecamatan Singaparna, sedangkan sekarang termasuk wilayah Kecamatan Sukarame.

Kembali lagi ke cerita awal. Setelah sekian lama tugu KHZ. Mustofa tidak terawat, akhirnya baru tahun inilah tugu tersebut direnovasi, tugu yang sekarang ada tulisan Monumen Pahlawan Nasional KHZ. Mustofa Sukamanah, selain itu juga tanaman disekitaran tugu tertata sangat rapi, sehingga ketika kita melintas dimalam hari suasana tugu tersebut begitu bercahaya dan mengingatkan kita pada sosok pahlawan KHZ. Mustofa yang begitu berjasa membela negara. Selain itu juga tugu ini dilengkapi dengan lafal Allah dalam Bahasa Arab berbahan perunggu yang dikelilingi kolam dan taman melingkar.

Ingin tahu keadaan tugu KHZ. Mustofa yang sekarang ? pergi saja langsung ke Kota Tasikmalaya, dijamin deh gak nyesel... jhehehe

Sampai disini dulu ya ceritanya, lain kali saya sambung lagi dengan info yang lebih up to date.
Salam Bahagia Selalu....  ^_^
http://goresansay.blogspot.com/2015/01/mengenal-lebih-dekat-tasikmalaya.html

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »